Peralatan Sekolah • 7.4k 22 Aug 2023

Kenali 5 Alat dan Bahan Dasar Melukis Untuk Mengembangkan Karya Senimu

Saat ini, melukis sudah cukup banyak diminati oleh beberapa kalangan. Melukis dapat diartikan sebagai karya seni untuk mengungkapkan emosi seseorang yang dituangkan ke dalam media kanvas. Sebuah lukisan didasari dengan corak, teknik dan beragam warna yang khas dari pelukis itu sendiri. Tidak sulit untuk belajar melukis jika kita mengenal terlebih dahulu alat dan bahan dasar melukis yang harus dimiliki.

Pemula Harus Tau! Ini 5 Alat dan Bahan Dasar Untuk Melukis

Alat dan bahan adalah faktor utama dalam proses pembuatan karya seni lukis. Bagi pemula, penting mengetahui alat dan bahan apa saja yang digunakan untuk melukis agar menghasilkan karya yang sempurna.

  1. Media Lukis
    • Kanvas

      Kanvas merupakan media utama dalam melukis karena bisa digunakan dalam jangka lama dan terhitung awet. Kanvas terbuat dari bahan kain jenis tertentu yang sudah di plamir. Kanvas memiliki berbagai ukuran dari yang kecil hingga yang besar, sesuai dengan kebutuhan pelukis.
       
    • Kertas

      Kertas dalam media lukis bisa disebut dengan watercolour paper. Kertas dalam media lukis ini dibagi beberapa jenis, yaitu tebal, berstektur, atau yang biasa.  Selain itu, Watercolor paper ini mempunya 4 ukuran, diantaranya ukuran A3, A4, A5 dan A6. Untuk dapat melukis di media kertas ini harus menggunakan cat air karena daya tahan kualitasnya yang dapat menyerap air dan tidak akan hancur jika terkena air. 
       
  2. Cat Pewarna
    • Cat Akrilik

      Cat akrilik merupakan salah satu jenis cat yang paling banyak digunakan untuk melukis. Cat ini dapat diaplikasikan pada berbagai macam media, seperti kanvas, kertas, besi, kayu, dan kaca. Keunggulan dari cat akrilik adalah cepat kering, daya pekatnya tinggi dan menghasilkan warna yang pigmented. Hal itu tentunya banyak diburu para pemula.
       
    • Cat Air

      Cat air merupakan cat berbahan dasar air yang memiliki sifat transparan. Cat air ini dapat diaplikasikan pada media kertas. Cat air tidak memiliki konsistensi warna yang tinggi, terkesan cepat pudar jika terlalu banyak dicampurkan air. Namun, jangan khawatir, cat air ini lebih simple karena cepat kering dan mudah dibersihkan. 
       
    • Cat Poster

      Cat poster merupakan salah satu pewarna dengan bahan dasar air (waterbased) yang memiliki karakter pigmen. Tidak jauh beda dengan cat air. Namun, cat poster ini dapat menghasilkan warna yang lebih rata dan menimbulkan efek kedalaman. cat poster biasanya digunakan pada sebuah bidang gambar, khusunya pada pembuatan poster, karena itu disebut cat poster.
       
    • Cat Minyak

      Cat minyak merupakan cat klasik, sudah digunakan para pelukis sejak dahulu. Seperti Namanya, cat minyak memiliki kandungan minyak yang membuat warna menjadi tebal. Jika ingin bereksperimen dengan cat ini harus meluangkan banyak waktu karena proses keringnya sangat lama. Namun, warna yang dihasilkan dari cat minyak ini akan menghasilkan lukisan yang indah, detail dan gradasi warna yang halus.
       
  3. Kuas

    Kuas merupakan alat yang digunakan sebagai perantara untuk mewarnai lukisan. Kuas memiliki berbagai macam bentuk dari yang flat, round, runcing, tumpul hingga yang berbentuk kipas. Tentunya jenis bentuk kuas tersebut digunakan sesuai kebutuhan pelukis. 
     
  4. Palet

    palet digunakan sebagai wadah untuk menaruh atau mencampurkan cat. Umumnya ada dua jenis palet yang bisa kamu ketahui. Yaitu palet sekat dan palet datar. Palet sekat berbentuk lengkungan sebagai penyangga agar cat tidak tercampur, biasanya digunakan untuk cat air. Selain itu ada palet datar yang berbentuk datar dan terdapat pegangan, palet ini digunakan untuk cat minyak, akrilik, atau cat poster.
     
  5. Easel

    Easel merupakan papan penjepit kanvas yang berfungsi sebagai sandaran agar berdiri tegak. Jika kamu seorang content creator yang suka melukis, tentunya easel sangat berguna untuk menambahkan kesan menarik dalam kontenmu. Namun di sisi lain, easel tidak perlu dibutuhkan jika kamu merasa nyaman melukis di lantai atau di meja.

nah, itu adalah 5 dan alat dan bahan melukis. Semoga bermanfaat ya!

Hubungi Kami