Peralatan Kantor • 87 29 Feb 2024

10 Tips Efektif Menggunakan Kalkulator: Angka yang Menentukan!

Kalkulator adalah alat penting dalam berbagai kegiatan matematika, sains, bisnis atau keuangan. Secara definisi, kalkulator disebut juga sebagai alat hitung, yang berguna untuk menghitung dari perhitungan sederhana atau perhitungan rumus dengan cepat dan akurat. Kalkulator terdiri dari 10 digits – 20 digits dan dapat digunakan oleh semua kalangan karena kalkulator dapat membantu Anda menghemat waktu dan menghindari kesalahan.

Menggunakan kalkulator bisa menjadi hal yang membantu dalam menyelesaikan perhitungan. Namun, agar penggunaan kalkulator dapat berjalan secara efektif, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan. Berikut ini adalah 10 tips efektif menggunakan kalkulator.

1. Pilih Kalkulator Sesuai Kebutuhan

Pilihlah kalkulator yang sesuai dengan kebutuhan perhitungan Anda. Jika Anda hanya membutuhkan kalkulator untuk perhitungan sederhana seperti perkalian, pembagian, perkalian, atau pertambahan, maka gunakan kalkulator dasar, contohnya kalkulator Joyko DTC-1313H. Nah, jika Anda membutuhkan kalkulator untuk perhitungan yang rumit dan sistematis, maka pilihlah kalkulator canggih atau biasa disebut kalkulator sains.

2. Pahami Fungsi Dasar Kalkulator

Sebelum Anda menggunakan kalkulator, pahami fungsi dasar pada tombol-tombol yang ada di kalkulator. Fungsi dasar pada kalkulator contohnya C and CE (clear entry), tambah (+), kurang (-), kali (x), bagi (:) dan tombol sama dengan (=). Pastikan Anda sudah memahami ya agar dapat mempermudah dalam melakukan perhitungan.

3. Perhatikan Prioritas Operasi

Penting untuk diperhatikan bahwa perkalian dan pembagian adalah prioritas operasi yang sama dan utama. Jika perhitungan Anda terdapat fungsi dasar, maka dahulukan menghitung operasi perkalian atau pembagian. Hal tersebut berguna agar hasil pada kalkulator Anda akurat dan tidak terjadi kesalahan.

4. Gunakan Bracket (Kurung)

Bracket adalah tanda kurung yang digunakan untuk mengapit keterangan tambahan. Anda akan menemukan bracket ini pada kalkulator sains. Gunakanlah bracket jika Anda ingin melakukan perhitungan matematika kompleks untuk mengatur urutan yang benar.

5. Perhatikan Penulisan Desimal

Pada kalkulator Anda terdapat decimal point atau titik desimal. Pastikan Anda menggunakan titik desimal yang tepat terutama pada angka pecahan. Hal tersebut bertujuan agar hasil dari perhitungan Anda tidak salah.

6. Gunakan Fitur memori

Kalkulator dilengkapi dengan fitur memori. Anda bisa menekan tombol M+ untuk menyimpan memori perhitungan.

7. Kenali Limitasi Kalkulator

Setiap kalkulator memiliki limit atau batasan dalam melakukan perhitungan. Agar tidak terjadi kesalahan dalam perhitungan, maka Anda harus memperhatikan dan kenali perhitungan Anda.

8. Lakukan Double Check

Sering kali karena terburu-buru Anda salah menekan tombol pada kalkulator. Nah, Setelah Anda selesai melalukan perhitungan pada kalkulator, maka sebaiknya Anda melakukan double check untuk memastikan bahwa hasil yang Anda dapatkan tersebut benar.

9. Mengganti Baterai

Baterai yang lemah akan ditunjukkan dengan display / layar kalkulator Anda yang redup. Jika hal tersebut terjadi, maka Anda harus mengganti dengan baterai yang baru agar kalkulator dapat digunakan kembali.

10. Eksplorasi

Selalu praktekkan dan perbarui knowledge Anda tentang kalkulator beserta fitur-fitur yang ada di dalamnya. Dengan demikian, Anda akan lebih mahir dalam menggunakan kalkulator.

 

Dengan mengenal dan membaca 10 tips di atas, Anda dapat menggunakan kalkulator secara efektif dan lebih percaya diri. Jangan khawatir, kalkulator dapat ditemukan dan dibeli di toko alat tulis kantor atau toko elektronik terdekat.

Ingatlah kalkulator hanya sebatas alat bantu, Angka yang menentukan!

 

Hubungi Kami