Peralatan Sekolah • 720 18 Nov 2023

Bagaimana Cara Belajar Teknik Menggambar Sketsa Menggunakan Pensil?

Apakah kamu ingin belajar menggambar sketsa menggunakan pensil namun tidak tahu mulai dari mana? Jangan khawatir, artikel ini akan memberikan panduan tentang cara memulai pembelajaran teknik menggambar sketsa dengan menggunakan pensil. Sebelum mempelajari teknik-teknik dasar, kita harus mempersiapkan alat dan bahan serta mengenal jenis-jenis pensil. Berikut artikelnya.

Alat dan Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai belajar menggambar sketsa menggunakan pensil, pastikan kamu memiliki alat dan bahan yang tepat. Berikut adalah beberapa alat dan bahan yang perlu kamu persiapkan:

  • Pensil

    Pastikan pensil yang kamu pilih memiliki tingkat kekerasan yang sesuai untuk gaya gambarmu. Pensil 2H biasanya lebih keras dan cocok digunakan untuk sketsa garis tipis atau detail halus. Pensil 2B atau lebih gelap biasanya lebih cocok untuk sketsa bayangan dan nilai-nilai.
     
  • Kertas Gambar

    Kertas gambar yang baik akan membantu kamu menciptakan hasil gambar yang tajam dan jelas. Pilih kertas yang cukup tebal (setidaknya 90 gram) dan dapat menahan berbagai jenis pensil dan tumpahan bahan seperti grafit atau arang. Kertas gambar yang biasa digunakan adalah sketch book. Kamu bisa membeli sketch book dengan berbagai ukuran mulai dari A3, A4 dan A5.
     
  • Penghapus dan Rautan

    Pastikan mempersiapkan penghapus dan rautan pensil agar dapat membantu kamu menghapus kesalahan dan menjaga pensil selalu tajam. 

Memahami Jenis-Jenis Pensil

Bagi para seniman, pensil merupakan alat yang sangat penting dalam menggambar sketsa. Meskipun terlihat sederhana, berbagai jenis pensil dapat memberikan efek yang berbeda pada gambar. Oleh karena itu, penting untuk memahami jenis-jenis pensil dan cara menggunakannya.

  • Pensil Graphite
    Pensil grafite adalah jenis pensil yang paling umum dipakai oleh para seniman. Pensil graphite tersedia dalam berbagai tingkat kekerasan dan lunaknya, mulai dari 9H (paling keras) hingga 9B (paling lembut). Pensil grafite yang lebih keras digunakan untuk menggambar detail dan garis tipis, sedangkan pensil yang lebih lembut digunakan untuk memberikan bayangan dan nilai-nilai gelap pada gambar.
     
  • Pensil Arang
    Pensil arang memberikan efek yang lebih gelap daripada pensil graphite. Pensil ini tersedia dalam berbagai tingkat kekerasan dan lunaknya, seperti halnya pensil graphite. Namun, pensil arang lebih sulit dihapus dan bisa meninggalkan jejak yang kotor pada kertas. Oleh karena itu, penting untuk hati-hati dalam menggunakannya.
     
  • Pensil Warna
    Pensil warna digunakan untuk memberikan warna pada gambar sketsa. Pensil warna tersedia dalam berbagai warna yang cerah dan bisa dicampur sesuai dengan keinginan kamu. Penting untuk memilih pensil warna berkualitas tinggi untuk hasil yang terbaik. Selain itu, bisa juga mencoba teknik pemberian pensil warna pada gambar sketsa hitam putih untuk memberikan efek yang menarik.

Teknik Dasar Menggambar Sketsa

Bagi yang ingin mempelajari menggambar sketsa menggunakan pensil, menguasai teknik dasar adalah hal yang utama. Berikut adalah beberapa teknik dasar yang harus kamu pahami dalam menggambar sketsa:

  • Gambar Garis

    Gambar garis merupakan teknik dasar yang paling penting dalam menggambar sketsa. Dalam teknik ini, kamu harus menggambar garis dengan berbagai ketebalan dan panjang untuk menciptakan sebuah gambar yang detail dan proporsional. Dalam menggambar garis, pastikan kamu tidak menekan terlalu kuat atau terlalu lembut pada pensil untuk mencapai hasil yang optimal.
     
  • Gambar Bayangan

    Teknik bayangan adalah teknik dasar lainnya yang sangat penting dalam menggambar sketsa. Dalam teknik ini, kamu harus menggambar bayangan pada objek sehingga kedalaman visual tercipta. Untuk menciptakan bayangan, gunakan pensil yang lebih lunak dan berikan tekanan yang berbeda pada pensil agar bayangan lebih hidup.
     
  • Pola Hatching

    Pola hatching adalah teknik yang digunakan untuk menciptakan bayangan dan kesan kedalaman dalam sebuah gambar. Teknik ini dapat dilakukan dengan membuat garis-garis sejajar pada satu arah yang sama, sehingga bayangan tercipta. Teknik ini sangat sering digunakan dalam menggambar sketsa.

Menggambar Tekstur dan Detail dengan Pensil

Untuk menciptakan gambar yang realistis dan menarik, penting untuk memperhatikan tekstur dan detail dalam objek yang kamu gambar. Berikut adalah beberapa teknik yang dapat digunakan:
 

  • Cross-Hatching
    Teknik cross-hatching melibatkan menggambar serangkaian garis melintang yang saling bersilangan untuk menciptakan efek bayangan dan tekstur. Semakin rapat garis-garis tersebut, semakin gelap bayangan yang terbentuk. 
     
  • Stippling
    Teknik stippling melibatkan membuat titik-titik kecil yang rapat pada kertas untuk menciptakan tekstur dan bayangan. Semakin rapat titik-titik tersebut, semakin gelap bayangan yang terbentuk. 
     
  • Blending
    Teknik blending melibatkan menghaluskan garis-garis dan bayangan dengan menyamarkan atau mengaburkannya. Kamu bisa mengandalkan sentuhan ringan untuk menghasilkan efek yang halus dan lembut pada objek. Gunakan penghapus atau tanganmu untuk mengaburkan atau melunakkan garis-garis dan bayangan pada gambar.

Meningkatkan Keterampilan Melalui Latihan

Untuk meningkatkan keterampilan kamu dalam menggambar sketsa menggunakan pensil, latihan secara teratur sangat penting. Dalam latihan ini, kamu dapat mempraktikkan teknik dasar yang telah dipelajari dan mengembangkan teknik baru dengan eksperimen bebas.

Berikut adalah beberapa tips untuk membuat latihan kamu menjadi berhasil:

  • Pastikan kamu memiliki waktu dan tempat yang tenang dan nyaman untuk berlatih.
  • Tetap fokus pada tujuan kamu dan jangan takut untuk mengambil risiko atau mencoba teknik baru.
  • Catat hasil latihan, baik dengan mengambil foto atau menyimpan hasilnya.
  • Cari umpan balik dan saran dari teman atau seniman terampil lainnya.
  • Teruslah berlatih dan jangan mudah menyerah, karena semakin sering melatih keterampilan menggambar sketsa, maka akan semakin terampil.

Selain itu, memperluas jangkauan referensi dan inspirasi juga dapat membantu meningkatkan keterampilan menggambar sketsa kamu. Kunjungi pameran seni, baca buku tentang seni, dan cari sumber inspirasi online seperti situs web seni, media sosial, atau jaringan global seniman.

Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi acuan untuk kamu belajar tentang sketsa.

Hubungi Kami