Peralatan Kantor • 514 20 Nov 2023

Mengenal Jenis-jenis Lakban dan Manfaatnya di Kehidupan Sehari-hari

 Lakban adalah benda yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari sebagai perekat. Namun, tahukah kamu bahwa ada banyak jenis-jenis lakban yang tersedia dan masing-masing memiliki kegunaan dan manfaat yang berbeda-beda?

Pada artikel ini, kita akan membahas tentang jenis-jenis lakban yang sering digunakan dan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari kita. Dengan memahami jenis-jenis lakban yang tersedia, kamu bisa lebih memilih lakban yang tepat untuk kebutuhanmu.

Jenis-jenis Lakban

Lakban Perekat Biasa (OPP Tape)

Lakban perekat biasa adalah jenis lakban yang paling umum digunakan. Biasanya terbuat dari bahan plastik dan memiliki kemampuan perekat yang baik. Lakban ini berwarna bening ataupun coklat.  Keuntungan utama dari jenis lakban ini adalah kemampuannya untuk merekat dengan kuat pada berbagai permukaan, termasuk kertas, kardus, plastik, dan lainnya. Lakban perekat biasa sering digunakan dalam pekerjaan kantor, kemasan, dan perbaikan kecil di rumah. Kamu bisa mendapatkan lakban perekat ini dengan ukuran besar yaitu 48mm.

Lakban Kertas (Masking Tape)

Lakban kertas adalah jenis lakban yang tahan lama dan mudah digunakan. Lakban kertas juga memiliki daya rekat yang kuat. Meskipun terbuat dari bahan yang cukup tipis, lakban kertas dapat menempel pada berbagai permukaan dengan baik. Hal ini membuatnya ideal untuk digunakan dalam berbagai situasi, seperti untuk mengemas atau menutup kotak.

Selain itu, Lakban kertas tersedia dalam beberapa ukuran yaitu 24mm dan 48mm. Lakban kertas juga mudah dipotong dan diatur sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan. Anda tidak perlu khawatir tentang kelebihan lakban yang akan terbuang karena tidak terpakai. Ini membuat penggunaan lakban kertas lebih efisien dan mengurangi pemborosan bahan.

Lakban Kain (Cloth Tape)


Lakban kain, atau sering disebut sebagai pita kain atau perekat kain, adalah jenis lakban perekat yang terbuat dari bahan kain yang dilapisi dengan lapisan perekat pada satu atau kedua sisinya. Lakban kain digunakan dalam berbagai industri dan kehidupan sehari-hari. Meskipun lebih umum digunakan untuk aplikasi yang membutuhkan kekuatan dan daya tahan tambahan, seperti dalam dunia perbaikan atau konstruksi, namun juga dapat digunakan untuk tujuan kreatif dan dekoratif. Kamu bisa mendapatkan lakban kain dengan beberapa ukuran yaitu 24mm, 36mm dan 48mm. selain itu, lakban kain tersedia dengan pilihan warna yang variatif, yaitu lakban kain merah, lakban kain biru, lakban kain hitam, lakban kain kuning hingga lakban kain silver.

Lakban Dua Sisi (Double Tape)

Double Tape adalah jenis lakban yang memiliki lapisan perekat di kedua sisi. Lakban ini biasanya digunakan untuk pemasangan atau perekatan benda-benda yang tidak bisa dilakukan dengan mudah menggunakan lakban kertas biasa. Double tape sering digunakan untuk merekatkan benda-benda seperti aksesoris ponsel, bingkai foto, atau hiasan dinding. Kamu bisa mendapatkan double tape dengan beberapa ukuran yaitu 06mm, 12mm, 24mm dan 48mm.

Lakban Duct Tape

Lakban duct tape terkenal karena kekuatannya yang luar biasa. Terbuat dari bahan serat khusus yang diperkuat dengan perekat kuat, jenis lakban ini sering digunakan untuk memperbaiki barang-barang seperti pipa, kabel, sepatu, atau alat rumah tangga yang rusak. Duct tape juga tahan air, sehingga sering digunakan dalam proyek perbaikan di luar ruangan atau dalam situasi darurat.

Lakban Listrik

Lakban listrik, atau juga sering disebut sebagai pita isolasi, adalah jenis perekat yang dirancang khusus untuk digunakan dalam pekerjaan listrik. Lakban listrik terbuat dari bahan PVC (polivinil klorida) yang fleksibel dan dilapisi dengan lapisan perekat yang kuat. Lakban ini memiliki sifat isolatif yang dapat membantu melindungi dari arus listrik dan memastikan keselamatan dalam penggunaan peralatan listrik.

Lakban Fragile

Lakban fragile adalah jenis lakban khusus yang dirancang untuk menandai barang-barang atau paket yang bersifat rapuh atau mudah pecah. "Fragile" sendiri berarti rapuh atau mudah rusak. Lakban ini umumnya memiliki tulisan atau simbol "fragile" yang mencolok, sehingga pengirim dan penerima dapat dengan mudah mengidentifikasi barang-barang yang memerlukan perlakuan khusus.

Lakban fragile sering digunakan dalam industri pengiriman dan logistik untuk memberi tahu pekerja dan pengiriman bahwa barang tersebut perlu ditangani dengan hati-hati. Penggunaan lakban ini dapat membantu mengurangi risiko kerusakan atau pecah selama proses pengiriman.

Manfaat Lakban dalam Kehidupan Sehari-hari

Lakban adalah salah satu barang yang sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Lakban biasanya digunakan sebagai perekat untuk mengikat berbagai benda dan material. Namun, selain kegunaannya sebagai perekat, lakban juga memiliki manfaat lainnya dalam kehidupan sehari-hari.

  • Lakban sebagai Perekat
    Manfaat paling umum dari lakban adalah sebagai perekat. Lakban digunakan untuk mengikat benda-benda kecil seperti kertas, dan juga untuk mengikat benda yang lebih besar seperti kotak-kotak. Lakban dapat digunakan di rumah, sekolah, atau kantor dan sangat membantu dalam pekerjaan sehari-hari.
     
  • Memperbaiki Benda Rusak
    Jika ada benda yang rusak dan perlu diperbaiki, lakban dapat menjadi solusi praktis dan ekonomis. Lakban dapat digunakan untuk menutup lubang kecil pada benda, seperti payung atau kursi. Selain itu, lakban juga berguna untuk menahan benda agar tetap utuh selama sedang diperbaiki, misalnya mengikat pipa yang bocor atau mengamankan kayu yang retak.
     
  • Mempermudah Pengemasan
    Lakban sering digunakan untuk membungkus dan mengemas benda sebelum dikirim atau disimpan. Lakban dapat melindungi benda dari kerusakan selama pengiriman dan juga membantu menjaga kebersihan dan kerapihan benda dalam penyimpanan. Lakban juga membantu dalam proses pengiriman barang dan membuatnya lebih efisien.
     
  • Membuat Karya Seni
    Lakban juga dapat digunakan sebagai salah satu bahan untuk membuat karya seni. Dalam dunia seni dan kerajinan tangan, lakban dapat digunakan sebagai bahan pengganti kertas atau kanvas. Lakban dapat dipotong dan ditempelkan pada permukaan, dan lalu diwarnai atau dihias sesuai dengan kreasi masing-masing.
     
  • Memudahkan dalam Pekerjaan Rumah Tangga
    Lakban juga dapat membantu dalam pekerjaan rumah tangga seperti menggantung poster atau menempelkan benda-benda kecil pada dinding. Lakban dapat digunakan sebagai pengganti paku atau baut, dan tidak merusak dinding atau permukaan lainnya.

Dengan berbagai jenis lakban yang tersedia, dapat kita ketahui bahwa lakban memiliki peran yang cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Lakban membantu dalam berbagai pekerjaan dan aktivitas, dari yang kecil hingga yang besar. Lakban memudahkan kita dalam melakukan pekerjaan sehari-hari dengan cepat, praktis, dan efisien.

 

Hubungi Kami