Peralatan Sekolah • 291 16 Sep 2023

Mengenal Teknik Dasar Berkemah untuk Anak-anak Pramuka

Berkemah atau perkemahan adalah salah satu kegiatan pramuka yang dilaksanakan di lapangan luas atau tempat terbuka. Kegiatan ini merupakan agenda untuk melakukan pertemuan antar anggota pramuka. Manfaat melakukan perkemahan ini adalah untuk melatih kemandirian, survive alam bebas, memupuk keberanian dan menempa para anggota bahwasanya hidup memiliki ketergantungan antara manusia dan alamnya.

Apakah Kamu Sudah Menguasai 6 Teknik Dasar Berkemah Ini?

Berkemah dipenuhi dengan kesempatan untuk berlatih dan menguasai keterampilan penting. Dalam kegiatan organisasi pramuka, kamu akan beradaptasi, memodifikasi, dan menguasai teknik dasar ini di setiap kesempatan.

  1. Persiapan dan Perencanaan
    • Program kegiatan berkemah direncanakan menurut tanggal yang sudah ditentukan.
    • Pemilihan lokasi perkemahan yang tepat (lokasi aman, di alam terbuka, lokasi bertanah rata dan tidak terlalu dekat dengan jalan raya).
    • Memiliki perlengkapan yang memadai (tenda, obat-obatan pribadi, kotak P3K, alat masak, suplai makanan yang cukup dan kebutuhan pribadi lainnya).
    • Manajemen perkemahan dan mekanisme kegiatan harus tertata rapi.
    • Utamakan keselamatan para anggota pramuka.
      Pastikan persiapan dan perencanaanmu sudah matang dan tersusun rapi, karena selanjutnya kita akan membahas teknik dasar untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilanmu.
       
  2. Mempelajari Orientasi Arah Mata Angin
    Tanda arah atau tanda orientasi sangat penting ketika kamu menggunakan peta dalam kegiatan pramuka. Gunanya untuk menunjukkan arah mata angin Utara, Selatan, Timur dan Barat. Tanda arah pada peta biasanya berbentuk tanda panah yang menunjuk ke arah Utara.

    Secara sederhana, dalam kegiatan pramuka kamu pasti memerlukan kompas untuk menentukan arah mata angin. Keterampilan orientasi ini membantu kamu menilai peta dan mengidentifikasi simbol dan fitur medan serta menentukan arah menggunakan kompas.
     
  3. Pelacakan Hewan di Sekitar Tenda
    Hewan apa yang mengintai di sekitar perkemahanmu? Apakah berbahaya atau tidak? Mempelajari pelacakan hewan sebagai bagian dari keterampilan berkemah dapat membantu kamu tetap waspada, berhati-hati, dan mendapat informasi tentang spesies yang hidup di tempat anda berkemah. Jadi, ketika kamu bertatap muka, Anda tidak akan terkejut dan bisa meresponsnya dengan tepat.

    Salah satu mempelajari pelacakan hewan adalah dengan mengamati jejak kaki hewan. Jejak kaki adalah cara termudah untuk mengetahui hewan apa yang sering mengunjungi tempat perkemahan. Jika terdapat tanda hewan berbahaya, segeralah pindah lokasi.
     
  4. Teknik Simpul Tali
    Terdapat 4 dasar simpul tali yang dikenal dalam kegiatan pramuka, yaitu simpul mati, simpul hidup, simpul pangkal dan simpul jangkar. Teknik mengikat simpul ini diperlukan dalam banyak hal, mulai dari memasang terpal dengan benar dan memasang tali pengikat tenda, memasang tempat tidur gantung atau memasang tali jemuran, hingga membuat tandu darurat. Pastikan kamu juga tahu kapan harus menggunakan masing-masingnya, ya!
     
  5. Teknik Api Unggun

    Perkemahan biasanya dilakukan di daerah dataran tinggi yang udaranya cukup dingin. Oleh karena itu setiap malam pasti diadakan pembuatan api unggun yang bertujuan untuk menghangatkan diri. Sebelum kamu membuat api unggun, ketahuilah persiapan sebelum menyalakannya
    • Tentukan lokasi lubang api, jangan membuat lubang api di bawah pohon dan jangan dekat dengan tenda.
    • Persiapkan kayu dan beberapa batu sebagai pembatasnya.
    • Siapkan alat pemadam api, contohnya air. Sebagai bentuk waspada jika api merembet ke tempat lain.
       
  6. Tidak Merusak Alam dan Tetap Menjaga Kelestarian
    Ketika melakukan perkemahan, tentunya kamu melakukan kegiatan yang berhubungan dengan alam. Pastikan kamu tidak merusak tumbuhan sekitar yang dapat mengganggu ekosistem tersebut dan jagalah kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kegiatan perkemahan yang lancar, menyenangkan dan memberikan kesan yang baik. 

Nah, inilah 6 Teknik dasar dalam berkemah yang harus kamu kuasai untuk menjadi juara alam terbuka!

Hubungi Kami