Peralatan Kantor • 598 16 Aug 2023

Ukuran Kertas HVS: Memilih yang Tepat untuk Kebutuhan Dokumen Anda

Kertas HVS merupakan kertas yang sering kita gunakan ketika ingin mencetak dokumen dan lain sebagainya. HVS atau Houtvrij Schrijfpapier atau yang artinya kertas untuk menulis bebas serat kayu. Di Indonesia sendiri, terdapat beberapa ukuran kertas HVS yang biasa digunakan. 

Pentingnya Mengetahui Ukuran Kertas HVS dalam Dunia Bisnis

Agar dokumen atau laporan lainnya dapat tercetak dengan baik, kenali berikut macam-macam ukuran kertas HVS sebelum menggunakannya.

  1. A5 
    Kertas HVS A5 memiliki ukuran 14,8 x 21cm. Meskipun tergolong relatif kecil, namun ukuran kertas HVS ini dapat bervariasi digunakan mulai dari brosur, buku undangan, buku cerpen anak-anak hingga beberapa buku novel juga menggunakan ukuran kertas ini. Anda dapat membeli kertas ukuran A5 dalam beberapa bagian mulai dari 60 gram - 70 gram.
  2. B5 
    B5 adalah HVS yang sering digunakan dalam perkuliahan, mahasiswa cenderung lebih memilih ukuran B5 untuk dimasukkan ke dalam binder. Umumnya, kertas yang berukuran 17,6 x 25cm ini memiliki beberapa macam warna yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Selain itu, ukuran B5 juga tidak jarang digunakan untuk mencetak buku novel. Anda dapat membeli kertas ukuran B5 dalam beberapa bagian mulai dari 70 gram, 75 gram, 80 gram, dan 100 gram.
  3. A4 
    A4 merupakan ukuran kertas HVS yang paling banyak dan paling umum digunakan untuk mencetak dokumen dan lain sebagainya. Ukuran kertas 21 x 29,7 cm ini biasanya digunakan untuk mencetak buku pelajaran, laporan, atau bahkan tugas ilmiah kuliah. Ukuran kertas A4 juga memiliki berbagai macam warna, namun yang paling umum digunakan adalah warna putih. Anda dapat membeli kertas ukuran A4 dalam beberapa bagian mulai dari 75 gram, 80 gram, dan 100 gram.
  4. Kuarto 
    Kuarto atau Letter memiliki ukuran yang sedikit lebih panjang daripada ukuran A4, Kuarto memiliki ukuran 21,6 x 27,9 cm. Ukuran ini sering digunakan untuk mencetak dokumen di perkantoran maupun perkuliahan. Anda dapat membeli kertas ukuran Kuarto dalam beberapa bagian mulai dari 60 gram, 70 gram, 80 gram, dan 100 gram.
  5. F4 
    Ukuran kertas ini sedikit lebih panjang dan lebar dari ukuran A4. F4 yang berukuran 21,6 x 33 cm juga sering disebut sebagai kertas Folio. Kertas ini umumnya digunakan untuk mencetak Ijazah, Akte Kelahiran, dan laporan yang umumnya memuat isi yang panjang. Anda dapat membeli kertas ukuran F4 dalam beberapa bagian mulai dari 80 gram. 
  6. A3 
    Ukuran kertas HVS yang satu ini berbeda dari ukuran kertas lainnya. A3 memiliki ukuran 29,7 x 42 cm dan memiliki tekstur licin karena biasanya digunakan untuk mencetak foto atau brosur. Anda dapat membeli kertas ukuran A3 dalam beberapa bagian mulai dari 80 gram, dan 100 gram.
  7. A2 
    Jika Anda ingin mencetak foto atau selebaran dalam ukuran yang lebih besar daripada A3, Anda dapat menggunakan kertas HVS A2 yang memiliki ukuran 42 x 59,4 cm. Anda dapat membeli kertas ukuran A2 dalam beberapa bagian seperti 80 gram, dan per-lembar sesuai kebutuhan

 


 

Hubungi Kami